FUN TRIP 2018: SERUNYA KISAH FUN TRIP DI SDN SORONGAN 2 PANDEGLANG

on .

Halo, Youth!

Selamat yaa untuk para anggota YAFI yang baru di Batch VI. Selamat memangku amanah untuk lebih memajukan YAFI selama setahun ke depan. Btw, sebelum berakhirnya masa jabatan di YAFI Batch V, kalian pasti tahu kan kalau YAFI punya agenda khusus tahunan? Yap! FUN TRIP!

Berbeda dengan batch-batch sebelumnya, di tahun 2018 ini YAFI mengadakan FUN TRIP di luar Jakarta loh! Di tanggal 17 Februari 2018 seluruh anggota YAFI Batch V berangkat menuju SDN Sorongan 2 yang ada di Pandeglang. Kenapa sih YAFI memilih SD tersebut sebagai lokasi FUN TRIP 2018? Ada banyak pertimbangan yang YAFI lakukan. Meski masih memasuki wilayah Provinsi Banten, namun kondisi dan akses menuju sekolah tersebut bisa dikatakan sulit dan belum mendapat banyak perhatian dari berbagai pihak, Youth. Saking jauhnya lokasi tersebut, bahkan kita semua semangat berangkat sejak malam loh!

Singkat cerita, YAFI sampai di SD Sorongan 2 Pandeglang di tanggal 18 Februari saat siang hari pukul 11.00 WIB dan langsung memulai acara. Pertama-tama, sebelum mulai pemberian materi, semua adik di sana dipakaikan kaus FUN TRIP biar makin kece, Youth! Tenang, sebelum mulai belajar, adik-adik pastinya harus berdoa terlebih dahulu yaa dan seperti biasa YAFI juga mengajak adik-adik untuk menari bersama supaya belajarnya makin semangat!

Selama 1 jam kakak-kakak YAFI memberikan materi seputar hewan-hewan dalam Bahasa Inggris beserta habitatnya. Selain itu, YAFI juga mengajarkan adik-adik mengenai ekosistem yang ada di laut dan akibatnya jika kita tidak menjaga keseimbangan ekosistem tersebut. Materinya terlihat berat yaa? Sama sekali ngga, Youth! Supaya adik-adik cepat memahami materi ini, YAFI mengajarkan melalui video, lagu, maupun menggunakan alat bantu sekaligus memeragakannya. Dan terbukti, cara yang YAFI terapkan berhasil membuat adik-adik di sana sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh kakak-kakak YAFI.

Untuk lebih mengasah sejauh mana pemahaman adik-adik dengan materi yang sudah diajarkan, kakak-kakak YAFI sudah menyiapkan games untuk mereka. Sebelum bermain games, adik-adik dibagi menjadi 4 kelompok untuk menyelesaikan 4 games yang ada. Eits, tapi semua kelompok harus membuat yel-yel yang harus dipertontonkan sebelum menaklukan setiap games.

Pertama ada games Tebak Puzzle. Di sini tersedia 4 puzzle yang telah disiapkan oleh YAFI, yaitu puzzle abjad, huruf hijaiah, serta hewan hewan yang hidup di darat dan air. Adik-adik hanya perlu mencocokkan potongan-potongan puzzle yang ada dan meletakkannya di papan puzzle yang sudah disediakan lalu menebak hewan apa saja yang ada di puzzle tersebut. Cukup mudah kan, Youth?

Lanjut lagi ke games berikutnya: Susun Pyramid. Kali ini, setiap kelompok harus berbaris ke belakang dan secara bergilir menyusun gelas-gelas plastik menjadi pyramid dalam waktu 1 menit. Tapi sebelum itu, adik-adik wajib memperlihatkan yel-yel mereka dan menceritakan apa yang telah mereka lakukan di games sebelumnya.

 

Setelah menyelesaikan games Susun Pyramid, kita lanjut lagi ke games Kelereng. Games yang satu ini sama seperti games yang biasa kalian temui di acara 17 Agustusan, Youth. Setiap anggota cukup mengapit sendok di mulutnya dan membawa kelereng di sendok tersebut sampai batar garis finish yang ditentukan. Siapa yang tercepat, dialah pemenangnya!

3 games sudah dilaksanakan, kita lanjut lagi ke games terakhir, yaitu Estafet Karet. Gimana cara mainnya? Masing-masing anggota kelompok akan diberikan sedotan yang harus diletakkan di mulut. Sama seperti namanya, mereka akan berbaris untuk memindahkan karet dari orang pertama ke orang belakangnya melalui sedotan di mulut, begitu terus sampai orang terakhir. Gimana kalau karetnya jatuh? Yap! Adik-adik harus mengulang dari awal lagi hehehe.

Selesai bersenang-senang bermain games, kini waktunya mengisi tenaga! Seluruh anggota YAFI, para pengurus sekolah, dan adik-adik menyantap makan siang yang tersedia di atas daun pisang. Santapan makan siang saat itu menjadi berkali-kali lebih nikmat saat di makan secara bersama-sama, Youth. Kakak-kakak YAFI senang sekali melihat adik-adik yang tetap ceria dan tak terlihat lelah walaupun habis belajar dan bermain.

Selepas makan siang, sekarang saatnya acara penutup agenda FUN TRIP, Youth. Bagas Apriliasno selaku ketua dari acara FUN TRIP mewakili YAFI untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga sekolah SD Sorongan 2 karena telah menerima YAFI untuk mengunjungi sekolah mereka. Kepala sekolah Kelas Jauh, SDN Sorongan 2 pun juga menyambut baik dan berterima kasih atas kegiatan yang YAFI selenggarakan. Di akhir acara, karena semua adik-adik hebat, cerdas, dan semangat, maka setiap kelompok mendapatkan hadiah. Yeay! Gak cuma itu, hasil dari buku-buku yang Youth sumbangkan ke YAFI juga diberikan untuk menambah koleksi bahan bacaan di sekolah SD Sorongan 2 dan masing-masing dari mereka juga mendapatkan bingkisan dari YAFI. Sebelum kembali ke Jakarta, pastinya gak boleh lupa untuk mengabadikan momen keceriaan ini. Say cheese!

Sampai bertemu dikeseruan FUN TRIP selanjutnya, Youth!