YAFI dan YCI: Berbagi Kebahagiaan (Buka) Bersama Adik-adik Lapak Pemulung Gandaria

on .

Tiba di penghujung acara setelah tiga minggu Youth’s Act For Indonesia (YAFI) bersama Youth Corps Indonesia (YCI) dan volunteer mengajar di Lapak Pemulung Gandaria! Buka Bersama (BURSA) dilaksanakan pada Sabtu, 10 Juni 2017, tepat di minggu keempat setelah mengajar.

Pembacaan ayat Al-Qur'an sebagai tanda dimulainya acara

Sebelum buka bersama di mulai, tentu kami harus mengisi waktu luang dulu, Youth, sampai waktu berbuka. Cara kami mengisi waktu luang yaitu dengan lomba-lomba yang seru dan bermanfaat untuk adik-adik. Apa aja sih lombanya? Yuk baca ceritanya!

Lomba Cerdas Cermat

Lomba ini diikuti oleh seluruh adik-adik dengan bantuan dari kakak-kakak volunteer. Eits! Dibantu kakak-kakak volunteer bukan berarti bantu jawab lho, tapi kakak-kakak ini berperan sebagai juru bicara jika anak tidak berani ngomong dan menjadi penggerak di kelompoknya. Hal-hal yang ditanyakan pada lomba ini bersifat umum. Ada yang bertemakan tentang budaya Indonesia, nama mata uang Internasional, ilmu pengetahan alam, agama, dan lain-lain. Serunya adalah pada sesi awal, adik-adik ini bilang “Kak, soalnya gampang banget sih”. Lalu di pertanyaan selanjutnya tingkatkan kesulitannya. Tapi, tetap lho Youth, adik-adik ini bisa menjawab. Dari lomba ini, terbukti bahwa adik-adik di Lapak Pemulung Gandaria pintar-pintar, lho!

Namanya juga lomba, tentu ada jurinya dong yaaa.. Juri di lomba ini menilai siapa yang paling banyak menjawab dan benar jawabannya. Tiba di penghujung lomba cerdas cermat, dan ini dia pemenangnyaa…

Lomba Sambung Ayat Al-Qur'an

Ini dia lomba yang paling ditunggu oleh adik-adik! Setelah lomba cerdas cermat, ada juga nih lomba sambung ayat Al-Quran. Lomba ini juga diikuti oleh seluruh adik-adik. Sistem menjawabnya sama seperti saat lomba cerdas cermat, siapa yang lebih cepat angkat tangan, dia boleh jawab. Kakak dari YAFI yang menjadi MC, membacakan satu ayat dari surat pendek, kemudian adik-adik melanjutkan ayat tersebut. Melanjutkannya boleh sampai ayat trakhir atau boleh juga satu ayat setelah ayat yang dibacakan. Dan lagi-lagi.. Ternyata.. Adik-adik pintar-pintar, Youth! Hampir seluruh soal bisa terjawab!

Soal terakhir pun dibacakan, dan ini dia pemenang di lomba sambung ayat Al-Quran…

Lomba Story Telling (Bercerita)

Anak-anak biasanya punya banyak cerita. Terlebih jika mereka baru melakukan hal-hal yang menarik, misalnya pergi jalan-jalan, makan di suatu tempat, belajar di sekolah, dan lain-lain. Nah, lomba yang satu ini adalah lomba yang mengharuskan mereka bercerita, Youth. Adik-adik diberikan kebebasan untuk bercerita. Ada yang bercerita mengenai keluarganya, saudaranya, kegiatannya, tentang alam, dan macam-macam. Adik-adik yang bercerita di sesi ini, sudah mendaftar terlebih dahulu Youth di kegiatan mengajar minggu lalu. Jadi, mereka diberikan kesempatan untuk mempersiapkan hal apa yang mau ceritakan. Kemudian, saat kegiatan BURSA, mereka bisa langsung maju dan bercerita.

Di lomba ini juga ada pemenangnya lho, Youth… Ini dia pemenangnyaa

Lomba Baca Puisi

Kata siapa baca puisi susah? Buktinya, banyak lho Youth adik-adik yang tertarik di lomba baca puisi ini. Tentu saja kakak-kakak dari YAFI sudah menyiapkan bacaan puisinya, dengan judul “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” yang menceritakan guru-guru yang sudah mau berbagi ilmu di sekolah. Ada yang membacanya sambil bergaya, ada juga yang berirama seperti membaca puisi pada umumnya.

Siapa sih adik-adik yang menang di lomba baca puisi? Ini dia adik-adik hebat….

WAKTUNYA BUKA PUASA!!

Alhamdulillah, akhirnya waktu buka puasa tiba! Sebelum berbuka, mari kita baca doa bersama-sama! Setelah doa buka puasa, adik-adik dan kakak-kakak serta beberapa warga Lapak Pemulung Gandaria menyantap makanan dan minuman yang sudah disediakan. Dirasa sudah cukup untuk berbuka, lalu kami berjalan ke mushola terdekat untuk solat berjama’ah.

Setelah solat, adik-adik dan kakak-kakak kembali ke tempat berkumpul. Ini waktunya makan besar! Maksudnya makan nasi, Youth hehehe.. Yup! Kami makan besar bersama..

INI DIA WAKTU YANG DITUNGGUUUU!

Ini dia waktu pembagian hadiah! Adik-adik tentu sangat antusias dengan sesi ini. Orang dewasa aja kalau dikasih hadiah akan merasa senang, gimana anak-anak? Hehehe. Adik-adik diwajibkan untuk berbaris dengan rapi.

Pembagian hadiah selesai! Ini artinya, kegiatan BURSA pun juga selesai. Kami dari komunitas Youth’s Act For Indonesia (YAFI) dan Youth Corps Indonesia (YCI) berterima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak, baik volunteer, donatur offline dan online, warga dan adik-adik di Lapak Pemulung Gandaria, dan semua pihak lainnya. Khususnya kepada pihak Kitabisa.com yang sudah menyediakan suatu media penggalangan dana dan kepada Licensed Public Appraisal Toto Suharto dan rekan sebagai sponsor pada kegiatan ini.

               Semoga apapun yang kawan-kawan berikan menjadi berkah untuk semua orang. Semoga juga dengan adanya kegiatan ini, akan menambah ilmu untuk adik-adik Lapak Pemulung Gandaria, menambah kesenangan untuk warga lapak dan kakak-kakak yang sudah membantu baik secara langsung ataupun tidak.