YAFI dan YCI: Serunya Bercerita Sambil Mewarnai

on .

Tepatnya pada Sabtu, 3 Juni 2017 memasuki minggu ketiga Youth’s Act For Indonesia (YAF) bersama Youth Corps Indonesia (YCI) dan volunteer mengajar di bulan puasa. Materi yang diberikan kali ini adalah bercerita dan mewarnai.

Seperti biasa, adik-adik dibagi menjad beberapa kelopok yang akan didampingi oleh volunteer dari YCI. Ada kelompok kelompok yang memiliki bercerita sebagai materi pertama, dan aja juga kelompok yang memilih mewarnai sebagai materi pertama. Jadi, semua bergantung dari kakak volunteer dan keinginan adiknya. Karna yang terpenting adalah adik-adik senang dengan materi yang diberikan.

Cerita yang diberikan oleh kakak-kakak volunteer bertemakan tentang moral, baik itu mengenai kesopanan, tanggung jawab, kasih sayang, ataupun rasa empati. Cara mereka bercerita tidak hanya dengan ucapan lho, Youth, tapi juga lewat alat peraga. Kakak-kakak volunteer memegang gambar untuk memudahkan adik-adik untuk mengingat alur cerita. Dari cerita yang diberikan, adik-adik diberikan pertanyaan mengenai cerita tersebut, misalnya seperti apa yang harus kita lakukan ketika ada orang yang membutuhkan pertolongan, apa yang harus kita lakukan jika berbuat salah, apa yang harus kita lakukan jika bertemu dengan orang yang lebih dewasa.

Selesai bercerita, adik-adik diberikan kertas dan pensil warna atau krayon untuk mewarnai. Dengan ini, adik-adik bisa melatih kreativitas dan meningkatkan imajinasinya. Kami membebaskan adik-adik untuk berkarya sesuai dengan keinginannya. Tidak ada perbedaan bagus ataupun tidak, karna semua adalah hasil dari imajinasi mereka.

Setelah semua kegiatan selesai, adik-adik diberikan kebebasan. Ada yang bercerita di kelompoknya mengenai keluarganya, teman-teman di lingkungannya, bermain pesawat-pesawatan dari kertas, dan ada juga yang ingin belajar berhitung lho, Youth.

Tiba di penghujung acara pada minggu ketiga ini. Adik-adik mendapatkan bingkisan untuk buka puasa.

Dari kegiatan hari ketiga ini, kami dan adik-adik bisa belajar banyak dan mulai mengenal satu sama lain. Semoga kegiatan mengajar ini dapat memotivasi adik-adik agar selalu mau belajar untuk mengejar cita-citanya dan mengenal lingkungan dengan baik serta menjadi adik-adik yang membanggakan Indonesia.