YAFI dan YCI: Cerdaskan Anak Melalui Cerita dan Seni

on .

Setelah sukses menjalani kegiatan Kami Berbakti 1, YAFI kembali mengadakan acara yang bertemakan pendidikan, yakni mengajar. Kegiatan kali ini dapat dikatakan sangat menyenangkan, sebab pada kesempatan ini YAFI menggandeng Youth Corps Indonesia (YCI) untuk ikut berkontribusi di dalamnya. Sama seperti YAFI, YCI sendiri merupakan sebuah NGO yang bertujuan untuk memberdayakan pemuda Indonesia untuk ikut andil dalam membangun bangsa melalui pengembangan keahlian interpersonal maupun intrapersonal.

Lebih lanjut, kegiatan ini akan diadakan untuk mengisi kegiatan Bulan Suci Ramadhan 2017 di Lapak Gandaria selama kurun waktu 4 minggu yakni pada tanggal 20 Mei, 27 Mei, 3 Juni, dan terakhir tanggal 10 Juni sebagai puncak acara dengan menyelenggarakan Buka Puasa Bersama (BURSA).

Pada 20 Mei 2017,merupakan pekan pertama YAFI bersama YCI memulai kegiatan belajar mengajar di Lapak Gandaria. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 14.00 s/d 16.30 WIB. Seperti biasa, sebelum memulai kegiatan, adik-adik dibagi menjadi lima kelompok kecil agar kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Selepas berdoa, para kakak dari YCI mulai memperkenalkan diri dan memberikan bermacam permainan untuk adik-adik supaya semakin bersemangat ketika belajar.

Pelajaran pun dimulai!!!

Materi pertama yang diberikan adalah cerita binatang. Adik-adik di Lapak Gandaria didongengkan mengenai cerita perselisihan yang terjadi antara kura-kura, kancil, serta tupai. Melalui cerita, adik-adik diharapkan dapat menyerap serta mengambil nilai positif yang terdapat dalam cerita yang dituturkan oleh kakak-kakak dari YCI. Setelah selesai bercerita, azan ashar pun berkumandang: pertanda waktu rehat dan salat. Dengan sigap, adik-adik langsung bergegas menuju masjid terdekat yang ada di sana.

Waktu istirahat pun berlalu dan kini saatnya materi sesi kedua dimulai. Saatnya menggambar dan mewarnai, Youth! Setiap adik diberikan pensil, kertas HVS, dan alat mewarnai (crayon dan pensil warna). Adik-adik bebas menggambar hal apapun sesuai dengan imajinasinya masing-masing.

Lihat, Youth! Adik-adik kelihatan serius banget yaaa ketika menggambar dan mewarnai:

Nah, ini dia Youth beberapa hasil karya adik-adik di Lapak Gandaria:

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 16.30 WIB, saatnya mengakhiri kegiatan belajar mengajar. Kami pun mengabadikan momentum tersebut dengan berfoto bersama. Sebelum membubarkan diri, tak lupa kami berdoa dan melakukan evaluasi agar pekan depan kegiatan ini akan berlangsung menarik dan menyenangkan.

Mari Beraksi dan Menginspirasi, Youth!