First Meeting Bersama YAFI Batch V

on .

 

Halo, Youth! Apa kabar? Semoga selalu diberkahi kesehatan yaa..

Setelah hampir 6 tahun berkecimpung menjadi komunitas non-profit di bidang sosial dan pendidikan, pada tahun ini YAFI kembali membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para pemuda-pemudi yang  jiwanya terpanggil untuk beraksi dan menginspirasi anak-anak yang termarginalkan.

Tepatnya, pada tanggal 21 Februari s/d 03 Maret 2017 YAFI kembali membuka Open Recruitment  Main Team YAFI Batch V. Dari sekian banyak pemuda yang mendaftar, akhirnya terpilihlah 16 anggota setelah melalui segelintir proses penyeleksian. Dan diadakanlah first meeting sebagai agenda pertama bagi para anggota baru di Batch V.

First meeting berlangsung pada hari Minggu, 26 Maret 2017 di Taman Tebet. Sebagai permulaan, pada pukul 08.00 WIB diadakalah aktivitas bonding sebagai bentuk pengakraban bagi para individu anggota YAFI, baik yang baru maupun yang lama. Pertama-tama para anggota dibagi menjadi dua kelompok untuk memainkan beberapa games yang telah disediakan. Tapi, sebelum games dimulai, masing-masing kelompok diharuskan menciptakan yel-yel dan memberikan sebuah nama pada kelompoknya. Nah, ini dia Youth penampakan kelompok 1 dan 2:

(Kel. 1: dari kiri ke kanan ada Alim, Ainoer, Dewi, Nade, Ariska, Syara, Ummi, Itis, Rheinata, Anisa, Mita, dan Aldi)

(Kel. 2: dari kiri ke kanan ada Gilang, Dera, Joy, Sofia, Syifa, Triana, Sekar, Caca, Keke, dan Rosi)

Di games pertama, nama permainannya adalah Tebak Gerak dan Kata. Di sini setiap anggota kelompok diharuskan berbaris berjauhan dan memutar lagu dengan volume keras menggunakan headset. Orang pertama di barisan berperan sebagai pengirim pesan (kalimat yang diberitahu oleh panitia) kepada orang kedua, kemudian orang kedua menyampaikan kembali apa yang didengarnya ke orang ketiga dan seterusnya sampai orang terakhir. Setelah selesai, orang terakhir harus menebak kalimat tersebut dengan benar. Nah, ini dia Youth keseruan di games pertama yang dimenangkan oleh kelompok 1:

Selanjutnya, games kedua adalah Gerak Vampir. Padagameskali ini, masing-masing kelompok [masih]diwajibkan untuk berbaris namun tidak berjauh-jauhan seperti games sebelumnya dan orang yang ada dibelakang harus memegang bahu orang yang ada di depannya. Permainannya simple banget, Youth!  Kita hanya harus mengikuti instruksi dari panitia. Jika panitia mengatakan ‘maju’ maka masing-masing kelompok harus melompat maju sebanyak 1 kali, sama halnya dengan ‘mundur, kanan, dan kiri’. Tetapi jika panita sudah memberikan embel-embel kata ‘cong’, setiap kelompok harusmelakukan kebalikan dari gerak yang diinstruksikan (panitia berujar ‘maju cong’ berarti tiap kelompok patut mundur sebanyak 1 kali lompatan). Lain halnya dengan embel-embel kata ‘cing’, tiap kelompok diharuskan diam, tidak boleh melompat ke mana pun; kanan, kiri, maju, ataupun mundur. Dan games kali ini lagi-lagi dimenangkan oleh kelompok 1:

Setelah menyelesaikan games kedua, tibalah saatnya berlanjut ke games terakhir, yaitu Awas Air. Pada games kali ini, setiap kelompok masih diwajibkan untuk berbaris ke belakang. Namun tidak seperti games pertama dan kedua yang mengharuskan berdiri, di games ketiga tiap-tiap anggota kelompok diperintahkan untuk duduk dan menutup mata dengan sapu tangan, slayer, kain, atau lain sebagainya. Kemudian orang yang berada di posisi terdepan memiliki tugas untuk memberikan piring berisikan air ke orang dibelakangnya dengan cara mengopernya dari atas kepala dan begitu seterusnya sampai orang terakhir. Tujuan dari games ini ialah untuk mengumpulkan air sebanyak-banyaknya. Kelihatannya sih emang mudah, tapi ternyata sulit lho, Youth! Tidak sedikit anggota masing-masing kelompok yang tersiram air karena tidak bisa menyeimbangkan posisi air di piring. Dan di games terakhir, akhirnya kelompok dualah yang juara.

Selepas bersenang-senang ria dengan memainkan beberapa games, agenda selanjutnya adalah pengumuman divisi bagi para anggota baru di Batch V. Setelah semua anggota baru telah menyandang gelar divisinya masing-masing, para anggota YAFI pun dipisahkan menjadi beberapa kelompok-kelompok kecil berdasarkan divisi yang telah diumumkan sebelumnya untuk sharing mengenai job desk dan perihal lainnya yang menyangkut tanggung jawab perdivisi.

Agenda selanjutnya yakni poin utama acara ini. Yap! First meeting! Para anggota YAFI Batch V pun bermutasi dari Taman Tebet ke Ropisbak terdekat. First Meeting di mulai dengan pengenalan alumni YAFI dari batch-batch sebelumnya. Satu-persatu dari mereka memberikan petuah serta pengalaman selama menjadi bagian dari YAFI, tak lupa mereka juga memberikan saran kepada YAFI Batch V agar ke depannya semakin mumpuni. Kemudian, sembari memanjakan perut dengan berbagai menu super lezat di tempat tersebut,  kami membahas mengenai proker tiap divisi selama satu tahun ke depan.

Tentunya, dengan lahirnya Main Team YAFI Batch V sekaligus bermacam panduan yang diberikan oleh para alumni pada kegiatan Firts Meeting, kami berharap agar di masa mendatang program-program serta kinerja dari YAFI akan mengalami peningkatan yang pesat.

Sebagai pemuda-pemudi Indonesia, ayo kita mulai untuk Mari Beraksi dan Mari Menginspirasi, Youth!