Fun Trip 2016: Berbagi Senyum? Sukses!

on .

 
BERBAGI SENYUM? SUKSES!
 
Apa sih Fun Trip itu? Fun Trip merupakan suatu cara belajar yang baru dan perdana yang diadakan oleh YAFI pada tahun 2016. Yup! Fun Trip merupakan kegiatan belajar dengan rekreasi yang menyenangkan bagi anak-anak. Kegiatan Fun Trip ini diselenggarakan YAFI untuk membuat anak-anak belajar lebih aktif dengan dunia luar.
 
Eits, Fun Trip ini pesertanya bukan sembarangan lho. Pada kegiatan ini, YAFI mengundang sekitar 20 adik dari Lapak Pemulung, beberapa orang tua dari adik asuh, dan 20 kakak asuh se-jabodetabek. Satu kakak asuh akan memegang satu adik asuh, agar dapat mempererat hubungan interpersonal dan lebih aman jika adik membutuhkan sesuatu selama acara.
 
"Bagus ini acaranya, satu kakak megang satu anak. Jadi jagainnya bisa gampang. Coba kalo satu kakak megang banyak. Udah gak tau itu anak saya ke mana," kata salah satu orang tua adik asuh.
 
YAFI menggunakan tema Budaya Indonesia. Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan belajar secara aktif ini, dapat membuat adik-adik lebih mengenal budaya Indonesia.
 
Kegiatan Fun Trip diadakan di Museum Wayang dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Kegiatan dibagi menjadi empat sesi, tiga sesi di Museum Wayang dan satu sesi di Monas.
 
Saat di Museum Wayang, sesi pertama yaitu menonton film yang berisikan tentang sejarah di suatu kerajaan pada zaman dahulu. Adik-adik dimanjakan oleh suasana seperti menonton bioskop, dalam keadaan gelap dan dingin. Setelah film sudah selesai, pemandu museum menceritakan lebih mendetail mengenai isi film. Adik-adik ditemani kakak asuhnya diberikan kesempatan bertanya. Sesi kedua yaitu berkeliling museum. Adik-adik diperkenalkan oleh wayang-wayang di Indonesia. Selain itu, ada beberapa wayang yang memakai pakaian adat dari asal daerahnya. Jadi, selain mengenal wayang, adik-adik juga dapat mengenal pakaian apa yang dikenakan oleh wayang tersebut. Sesi ketiga adalah sesi yang paling ditunggu, yaitu workshop. Pada workshop ini, adik-adik didampingi kakak asuh diajarkan untuk membuat wayang dengan tangan mereka sendiri yang dipandu oleh beberapa pemandu. Pembuatan wayang ini sangat menarik perhatian. Hasil wayang yang mereka buat pun dapat dibawa pulang sebagai hadiah atau cinderamata dari Museum Wayang.
 
Sesi ke-empat berada di Monas. Para adik dan kakak asuh harus berkompetisi dalam hal kekompakan, 20 pasang kakak asuh dan adik dibagi menjadi 5 kelompok. Ada beberapa permainan yang harus mereka selesaikan, diantaranya menyebrangi sungai dengan kardus, memindahkan sarung tanpa melepaskan gandengan tangan, memindahkan bola dengan wadah botol, memasukan paku ke dalam botol, dan memindahkan karet dengan sedotan. Pada akhir sesi permainan, adik-kakak asuh diberikan pertanyaan seputar apa yang mereka dapatkan di Museum Wayang. Oleh karena itu, mereka diharapkan untuk memperhatikan apa yang disampaikan oleh pemandu di Museum Wayang.
 
Demikian cara asik berbagi senyum dalam kegiatan Fun Trip. YAFI berterima kasih sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena-Nya acara ini dapat terlaksana dengan lancar. Tidak lupa juga kami sangat berterima kasih kepada semua pihak media partner, sponsor, donatur online maupun offline, kakak asuh, adik, dan orang tua. Selain itu, terima kasih untuk YAFI Batch 4 yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya dari jauh-jauh hari untuk persiapan dan pelaksanaan kegiatan Fun Trip 2016.