Profile

on .

Youth's Act For Indonesia (YAFI) adalah organisasi non-profit (Komunitas Sosial) yang bergerak di bidang pendidikan yang didirikan sejak November 2011. Cita-cita YAFI adalah Beraksi dan Menginspirasi anak-anak yang termarginalkan, agar bisa mendapatkan akses dan kualitas pendidikan yang lebih baik. Sampai dengan saat ini YAFI memiliki program yang bernama Kami Berbakti yang sudah berjalan di 3 sekolah, yaitu di daerah Tambora, Petamburan, dan Pancoran.

“Ayo adik-adik, coba tuliskan macam-macam pekerjaan yang kamu tahu!” 

 “Pedagang sayur, tukang parkir, satpol PP...”


Program Kami Berbakti adalah program yang mengundang Mahasiswa, Profesional, dan Artis untuk berbakti di dunia pendidikan dengan cara mengajar dan berbagi inspirasi. Mike Mohede (Indonesian Idol) dan Rendy Ahmad (Pemeran Aray di Film Sang Pemimpi) adalah artis yang pernah hadir di sekolah-sekolah YAFI untuk bercerita tentang perjuangan mereka sebelum menjadi artis yang terkenal untuk memotivasi adik-adik dengan latar belakang ekonomi yang kurang beruntung. Profesional yang juga hadir untuk sharing pengalaman mereka adalah pegawai Uniex Consulting, Bakrie Group, dan Seize Your Future.

Selain itu, YAFI juga memberikan pendampingan persiapan Olimpiade Sains Kuark Nasional di tahun 2012. Siswa-siswa yang tidak punya buku cetak dan hanya belajar dengan LKS itu pun difasilitasi dan dibina. Volunteer YAFI mengajar setiap minggu hingga akhirnya 3 orang dari anak didik YAFI berhasil lolos ke semifinal Olimpiade Sains Kuark Nasional.

YAFI pun membuat perpustakaan, yang dinamakan Pojok Baca YAFI di ketiga sekolah tersebut.  Tujuannya adalah untuk memudahkan anak-anak YAFI dalam menambah ilmu pengetahuan, karena di sekolah mereka sebelum kedatangan YAFI belum memiliki perpustakaan dan mereka pun tidak mampu membeli buku pelajaran dan buku bacaan.

Berbagai pihak pun pernah bekerja sama dengan YAFI. Salah satunya adalah Kick Andy Foundation, yang memberikan tiket nonton gratis di XXI untuk siswa di 2 sekolah YAFI, untuk menonton film Cita-Citaku Setinggi Tanah. Film ini menginspirasi anak-anak bahwa cita-cita itu penting, bukan soal seberapa bagus, tapi soal seberapa kuat usaha untuk mencapainya.  Meski cita-cita hanya setinggi tanah, tapi usaha yang dilakukan haruslah maksimal.

Ketika baru berusia 5 bulan, YAFI sudah berhasil mendapatkan award dari Research and Community Development Center (RCDC) sebagai “The Most Inspiring Student Social Movement 2012
".



Program Surat Untuk Adik adalah produk baru YAFI di tahun 2013, dengan didasari nilai yang sama, yaitu Aksi dan Inspirasi. Diharapkan program ini dapat menginspirasi lebih banyak anak Indonesia dan membangkitkan semangat untuk meraih pendidikan yang lebih baik. Kini Surat Untuk Adih Batch tahun 2015 akan segera dilaksanakan di awal tahun 2015.

Salam aksi dan inspirasi!

Youth’s Act For Indonesia

#BeraksidanMenginspirasi
#KamiBerbakti #SuratUntukAdik

Twitter: @YAFIndo