Kami Berbakti 4 Jilid 2

on .

YAFINDO - Kegiatan Kami Berbakti IV Jilid 2 dengan tema "Bhinneka Tunggal Ika" telah berjalan dengan sukses pada sabtu 21 Mei 2016 lalu. Selain untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, acara ini bertujuan untuk menambah pengetahuan adik-adik di SDI Muslimin, Senen - Jakarta Pusat tentang moral dan toleransi terhadap keragaman budaya di Indonesia.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi ini ternyata tidak menyurutkan semangat adik-adik untuk menyimak berbagai materi yang diberikan. Seluruh siswa (mulai dari kelas 1 hingga kelas 6) berbaur menjadi satu untuk ikut dalam berbagai macam sesi interaktif. Setelah acara dibuka, pada sesi pertama adik adik diberikan penjelasan tentang keberagaman suku, budaya, tradisi yang ada di Indonesia. Adik-adik diajak untuk mengenal betapa indahnya perbedaan dari setiap warga negara Indonesia. Selanjutnya adik-adik dikenalkan kembali tentang pentingnya saling toleransi antar suku budaya dan agama melalui tayangan video edukasi.

Sesi selanjutnya merupakan sesi yang paling ditunggu-tunggu yakni sesi permainan. Dalam permainan kali ini adik-adik akan berlomba untuk menyusun sebuah puzzle. Potongan puzzle boleh dipasang setelah menjawab/melakukan tantangan yang diberikan oleh kakak panitia. Dalam permainan ini adik-adik dikenalkan untuk dapat bekerjasama dalam perbedaan yang mereka miliki (seperti asal, suku, agama, warna kulit dan sebagainya). Acara dilanjutkan dengan sesi sharing atau saling berbagi. Adik-adik diperkenankan untuk berbagi (hal apapun yang mereka miliki) seperti salah satu adik yang berbagi kepiawaiannya dalam menari Jaipong. Selain itu adik-adik juga berbagi cerita tentang pengalaman bertolerasi terhadap keberagaman yang ada di sekitar mereka.

Setelah adik-adik mengerti dan memahami makna dari "Bhineka Tunggal Ika" yang berarti walau berbeda beda namun satu jua, diharapkan adik-adik bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya bertoleransi tanpa membeda-bedakan orang yang satu dengan orang yang lainnya.

Tepat pukul 11.50, Acara Kami Berbakti IV Jilid 2 berakhir. Penutupan acara diakhiri dengan pemberian pemberian sertifikat kepada pihak sekolah yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada adik-adik, dan tak lupa kami pun melakukan foto bersama untuk mengabadikan momen ini.

Kami ucapkan terima kasih kepada para donatur (offline atau online) atas bantuannya melalui Kitabisa.com. Puji syukur berkat bantuan dan doa restu dari teman-teman sekalian, acara ini dapat terlaksana dengan lancar. Semoga acara ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terlebih untuk adik-adik di SDI Muslimin. Amin.

Pantau dan ikuti terus info update kegiatan seru YAFIndo melalui social media kami ya. Salam Inspirasi!