Episode 3 “Anti Korupsi” SDI Tambora

on .

Rangkaian episode pendidikan “anti korupsi” di SDI Tambora memasuki episode terakhir. Sembilan nilai anti korupsi yaitu, tanggung jawab, disiplin, jujur, sederhana, mandiri, kerja keras, adil, berani, dan peduli kami sisipkan melalui dongeng yang kami sampaikan. Dongengnya pun berupa kehidupan sehari-hari yang lekat dengan keseharian.

Sebelum mendengarkan dongeng adik-adik diajak bermain tali dan melatih kerjasama juga kekompakkan. Kemudian dilanjutkan dongeng “Putri cangkuang” oleh kak widya. Tak lupa ia juga mengajak adik-adik untuk lebih interaktif dan juga ikut larut dalam cerita. Pesan yang tersirat dalam dongeng juga mengingatkan adik agar selalu semangat bersekolah demi masa depan mereka nantinya.

Setelah dongeng adik-adik diminta untuk menuliskan kelebihan diri sendiri, hobi, cita-cita dan juga apa kebaikan temannya. Hal ini bertujuan agar adik-adik mengenal potensi yang mereka miliki dan terus termotivasi untuk berbuat baik. Tidak lagi melakukan kekerasan seperti memukul. Karena kuatnya pengaruh teman ibarat besi ketika bertemu dengan magnet. Jika yang satu baik maka baiklah yang lain.

Nilai-nilai anti korupsi secara tidak langsung kami tanamkan melalui contoh perilaku yang baik dan cerita-cerita yang disampaikan melaui dongeng. Harapan kedepannya adik –adik juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kami juga berharap agar mimpi mereka jangan sampai terhenti meski hidup di tengah keterbatasan.