Episode 2 “Anti Korupsi” SDI Tambora

on .

Untuk semua harapan dan cita yang tertuang dalam doa, semoga kita tak pernah putus asa. Yakin bahwa doa-doa terbaik menyertai langkahmu.

Sabtu pagi di Tambora dengan ramainya aktifitas masyarakat dan panas yang terik. Adik-adik mulai merasa tidak nyaman berada dalam kelas. Ada yang keluar melalui jendela namun tak lama masuk lagi ke kelas karena penasaran apa yang dilakukan oleh kakak-kakak YAFI.

Beberapa adik memang agak sulit untuk tetap fokus berada di kelas mengikuti rangkaian kegiatan kami. Tapi kami tidak menyerah. Adik-adik ini perlu diberi pengertian dengan contoh yang baik. Kami melanjutkan dengan mendongeng menyisipkan nilai-nilai anti korupsi (tanggung jawab, disiplin, jujur, sederhana, mandiri, kerja keras, adil, berani, dan peduli) . Berinteraksi langsung dengan adik tanpa membuat jarak diantara adik ataupun kakak-kakak YAFI. Hal ini terbukti berhasil mengalihkan fokus adik yang awalnya ingin bermain di luar menjadi antusias ikut serta menjadi bagian dalam cerita.

 

 

 

Perlahan, kami ingin membekali mereka dengan perilaku yang baik, tidak hanya pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan kami dimana adik-adik tidak dibekali untuk berperilaku sopan bahkan pada teman sebayanya. Kata-kata kasar dan tindakan kekerasan seperti memukul berusaha kami minimalisir dengan mengikutsertakan adik pada dongeng yang kami sampaikan.

Kami juga secara tidak langsung belajar banyak dari adik-adik. Belajar mengendalikan ego, melihat ketulusan dari mereka dan juga belajar untuk terus melakukan hal yang berarti dan bermanfaat bagi sekitar.