Episode 1 “Anti korupsi” SDI Tambora

on .

Hal-hal sulit mendatangkan pengalaman, dan pengalaman mendatangkan kebijaksanaan. Sabtu pagi di tambora berbeda dengan sabtu di tempat lain. Riuhnya kegiatan jual beli di pasar mitra, panas yang terik, tak jarang peluh menetes hingga kerah baju.

Semangat kami untuk sampai di SDI Tambora, jakarta barat tak pernah surut. Kali ini kami akan melanjutkan rangkaian pendidikan “anti korupsi” yang sudah dilaksanakan di MI I’anatul Fallah Pancoran dan berlanjut di SDI Tambora. Sesampainya di sekolah, adik-adik kelas 4,5 dan 6 menunggu kami. Menanti kegiatan yang akan kami lakukan di pagi dengan matahari yang cukup terik.

Adik-adik yang berlatar belakang dari lingkungan yang cukup keras,  pendidikan karakter amat sangat diperlukan agar mereka nantinya menjadi pribadi yang baik. Kami cukup kesulitan saat mengatur adik-adik untuk tetap berada di kelas. Mencoba mengalihkan perhatian mereka yang ingin bermain di luar dengan mengajak mereka bernyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

 

Sesi dilanjutkan dengan mendengarkan dongeng. Hal yang sama diterapkan pada sekolah sebelumnya meski dengan kondisi dan lingkungan sekolah yang berbeda. Dongeng yang kami sampaikan seputar kehidupan sehari-hari. Persahabatan dengan teman di kelas atau di lingkungan rumah, dengan menyelipkan 9 nilai anti korupsi. 

 

Agar pesan dan nilai-nilai tersampaikan, Adik- adik juga diminta menceritakannya kembali di depan kelas. Setelah itu kami beralih dengan mengajak adik-adik ke luar kelas untuk bermain. Karena pada dasarnya dunia anak-anak adalah bermain dan juga belajar.