Episode 2 “Anti Korupsi” MI I’anatul Fallah Pancoran

on .

Korupsi merupakan masalah yang cukup besar di negara kita dan harus diberantas. Cara paling efektif memeranginya adalah dengan menanamkan rasa berani jujur semenjak anak-anak. Salah satu media yang dirasa bisa menyampaikan pesan kita kepada anak, tetapi tidak bersifat menggurui adalah melalui dongeng.

Di episode 2 kali ini  para adik mendapat penjelasan mengenai nilai-nilai anti korupsi (tanggung jawab, disiplin, dan mandiri), bahaya dari korupsi terhadap lingkungan, dan cara penanggulangannya. Ketiga hal tersebut dijelaskan melalui dongeng yang disampaikan oleh kakak.

Seperti di dongeng “Putri Cangkuang” adik-adik diajak bercerita dan juga berinteraksi langsung. Dongeng Putri cangkuang bercerita tentang seorang putri raja yang seharusnya belajar untuk meramu obat tapi tidak dilaksanakannya. Ketika ada wabah penyakit, Raja dan ratu terkena penyakit tersebut. Jika saja Sang Putri belajar dengan baik pasti raja dan ratu akan sembuh. Akhirnya untuk menebus kesalahannya Sang putri harus menerima konsekuensinya yaitu berubah menjadi Pohon Cangkuang yang berguna untuk mengobati wabah penyakit tersebut.

Adik-adik tampak senang belajar mengenai nilai-nilai anti korupsi yang diselipkan melalui dongeng. Sesekali mereka melontarkan pertanyaan di sela-sela dongeng.