Episode 1 - "Anti Korupsi" MI I'anatul Fallah Pancoran

on .

Para adik-adik dilanda kehebohan dan mulai bergantian memanggil nama kakak-kakak yang baru sampai di sekolah. Kehebohan itu bukan hanya karena adik-adik sudah tidak lama bertemu kembali dengan kakak-kakak YAFI, tapi karena YAFI juga mengajak beberapa kakak-kakak dari FLAC (Future Leader for Anti-Coruption) yang berjumlah sekitar enam orang. Seperti biasa, kami disambut dengan ramah oleh Bu Diana, Kepala Sekolah MI Annatul Fa'llah, dan pada pukul 09.00 acara Kami Berbakti batch 3 dimulai dengan berkenalan antara kakak-kakak FLAC ke adik-adik dengan cara khas YAFI perkenalan, yaitu menyebutkan nama dan membuat gerakan yang menunjukkan apa hobi masing-masing kakak, lalu adik diminta untuk menebaknya.

Kakak-kakak dari FLAC melanjutkan acara dengan melakukan ice breaking untuk menyemangati adik yang mulai terlihat lemas, dan menyanyikan lagu "Di Sini Senang, Di Sana Senang“. Adik-adik yang awalnya tampak malu-malu, mulai terlihat tertarik dengan kehadiran kakak-kakak FLAC setelah kegiatan ice breaking. Selanjutnya, Kakak-kakak dari FLAC pun memulai inti kegiatan, yaitu mendongeng dengan boneka-boneka tangan yang lucu. Judul ceritanya "Bibo Beruang Jujur". Walaupun bersifat dongeng, adik-adik pun tetap diajak berinteraksi dengan boneka-boneka ini. Melalui cerita yang lucu ini, adik-adik MI Annatul Fa'lah diajarkan untuk bersikap jujur. Cerita yang dekat sekali dengan kehidupan adik-adik ini, mengenai Bibo yang awalnya suka mencontek temannya ketika ulangan. Namun temannya mulai meninggalkan Bibo karena kebiasaan buruknya itu. Bibo pun sadar dan mulai berubah.

Saat cerita selesai, waktunya dua orang adik diajak untuk memerankan ulang cerita tersebut. Mereka senang sekali memainkan boneka tangan yang pertama kali mereka mainkan itu, bahkan sampai di bawa ke kelas lain untuk ditunjukkan ke teman-teman mereka. 
 
Dongeng pun berlanjut ke sesi kedua, tapi sebelumnya adik-adik diajak dulu untuk menyanyikan lagu "Rasa Sayange" yang beberapa liriknya diubah, dan juga diajak mengucapkan jargon FLAC yaitu "JUJUR LIKE THIS YOW , KORUPSI DISLIKE YOW!". Ada pula satu adik yang berani menyanyikan sendiri lagu "Rasa Sayange" di depan kelas tanpa diminta kakak-kakak. Pada sesi kedua, kakak-kakak dari FLAC bersama adik-adik duduk lesehan dengan tikar di dalam kelas dan memulai dongeng kedua. Kali ini dongengnya berjudul Laskar dan Atko yang tentunya masih menggunakan boneka tangan. Melalui dongeng yang kedua ini, adik diajarkan untuk bersikap sederhana dan peduli.
 
Ternyata waktu dua jam sangat terasa cepat, sesi Kami Berbakti batch 3 episode 1 harus berakhir. Ketika kakak-kakak YAFI dan kakak-kakak FLAC bertanya kepada adik mengenai perasaan mereka setelah melalui kegiatan hari ini. Hampir semua adik menjawab senang dan ingin cepat bertemu lagi di minggu depan. Kakak-kakak pun merasakan hal yang sama dengan adik.Walau ruangan kelas tidak terlalu besar, yang menyebabkan kakak-kakak harus bergantian untuk masuk ke dalam kelas, agar ruangan kelas tidak pengap karena kipas angin yang rusak. Namun tidak membuat kakak-kakak dan adik berkurang semangatnya dalam menjalankan kegiatan ini bersama.