Episode 3 – "Aku Cinta Indonesia" MI I’anatul Falah

on .


“Halo Adik-adik, selamat datang di pos 1. Disini Kakak akan menjelaskan tentang Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Ayo pilih mau Sumatera atau Jawa dulu nih?” Ujar kak bia dengan semangat.

“Pulau Jawaaaaa! Kita kan ada di Jawa.” Jawab Adik-adik tak kalah semangat.

 

Pagi yang cerah, sebelum episode dimulai. Kami pun serentak menyanyikan lagu wajib nasional “Satu Nusa Satu Bangsa” dan ternyata masih ada beberapa Adik-adik yang tidak hapal dengan lagu ini. Apa wajar? Memang, di sekolah ini tidak belajar tentang kesenian atau kebudayaan. Tapi Adik-adik harus janji kalau besok diminta menyanyi lagu ini, semuanya harus sudah hapal.
 
Kemudian, seperti biasa Kakak-kakak membagi kelompok dengan jumlah Adik yang sama di tiap kelompok. Tujuannya untuk mempermudah belajar saat di pos-pos pulau. Setelah itu, Adik-adik per kelompok mulai mendatangi pos.
 
Kakak-kakak volunteer menjelaskan tentang kebudayaan, binatang, pariwisata dan segala hal tentang Indonesia, kami  juga sama-sama belajar. Ingin sekali rasanya saya mengajak Adik-adik ke tempat-tempat yang hanya mereka lihat di buku. Pasti mereka bahagia sekali!
 
Pada sesi Pulau Sumatera, kakak menjelaskan tentang Tari Saman dengan sedikit gerakannya. Ada juga penjelasan tentang tradisi lompat batu di Pulau Nias, sekolah gajah di Way Kambas, keindahan pantai-pantai di Pulau Bangka, Danau Toba dan pahlawan-pahlawan dari Sumatera.
 
Sedangkan di sesi Pulau Jawa, menjelaskan tentang Candi Borobudur, karapan sapi Pulau Madura, Reog Ponorogo, badak bercula satu di Ujung Kulon, pahlawan-pahlawan dari Jawa dan juga Pulau-pulau lainnya di Indonesia.
 
Sebelumnya mungkin kami juga adik-adik hanya kenal nama-nama dari kebudayaan itu saja tapi setelah selesai episode ini, kami jadi tahu sejarah berdirinya kebudayaan tersebut, kami juga jadi tahu tempat-tempat indah di Indonesia.