Episode 9 : "Finale"

on .

Hello Youth, kita sudah masuk ke episode 9 #KamiBerbakti YAFI. Itu artinya, tinggal menunggu dan mempersiapkan acara puncak YAFI pada kegiatan #ManagerBerbakti. Di Episode 9 #KamiBerbakti kali ini adik-adik dibagi ke dalam 3 kelompok dengan didampingi 2-3 kakak pendamping untuk masing-masing kelompok.

Pos yang terdapat pada episode kali ini adalah pos puzzle, pos bahasa inggris dan pos menyanyi. Di pos puzzle, sama seperti episode delapan lalu, adik-adik diharuskan menyusun potongan puzzle berdasarkan daya kreatifitas mereka.

Di pos bahasa Inggris, adik-adik diharuskan mengerjakan soal-soal dalam bahasa inggris. Mulai dari soal sederhana sampai medium. Pengerjaan soal pun tetap dengan metode yang fun dan tidak monoton.

Lanjut ke pos terakhir yaitu pos menyanyi, di pos ini adik-adik diminta untuk menyanyi lagu daerah dan nasional. Sikap yang berbeda-beda ditunjukkan oleh adik-adik SDI Tambora. Sebagian cukup antusias dan lantang menyanyikan lagu daerah dan nasional dengan diiringi pianika oleh kakak volunteer. Namun, tidak sedikit yang masih malu-malu saat diminta menyanyikan lagu daerah dan nasional tersebut walau berama-sama. Akhirnya, tantangan untuk para kakak pendamping dan volunteer untuk mendorong adik-adik Tambora untuk lebih berani tampil.

“Beberapa adik-adik Tambora memang perlu didorong supaya bisa menjadi lebih berani untuk tampil, kadang mereka butuh dorongan dan motivasi ekstra saat diminta untuk tampil dan mengutarakan pendapat” ujar Kak Citra selaku kakak pendamping.

Kegiatan ditutup dengan berkumpul bersama adik-adik Tambora dan para kakak volunteer di satu ruangan kelas sebelum adik-adik pulang. Evaluasi dan komentar dari adik-adik Tambora sangat positif di setiap episode. Kemampuan mereka dalam pelajaran matematika dan bahasa inggris cukup baik.

Dan selalu tiap usai kegiatan, para kakak volunteer selalu melakukan evaluasi untuk terus melihat perkembangan adik-adik selama kegiatan bimbingan.