Episode 7 :"Fun Learning With English 3"

on .

Sama seperti dua episode sebelumnya, pada episode 7 #KamiBerbakti kembali mengusung tema “Fun Learning English 3”, dimana kami bertujuan untuk menambah kosa kata baru dan mengasah serta mengukur sejauh mana tingkat pemahaman adik-adik di SD Islam Tambora tentang bahasa Inggris.

Kegiatan episode ini dimulai dengan membagi adik-adik di SD Islam Tambora kelas 4 dan 5 kedalam empat kelompok. Kemudian kakak-kakak volunteer yang hadir juga dibagi kedalam empat kelompok tersebut untuk membimbing para adik. Masing-masing kakak volunteer membimbing 2 atau 3 orang adik.

Pertama, kakak volunteer membagikan selembar kertas HVS kepada masing-masing adik. Di kertas tersebut, adik-adik diminta untuk menggambarkan seluruh anggota keluarga yang ada dirumah mereka. Lalu gambar tersebut diberi warna serta nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris. Peran kakak volunteer disini adalah membimbing sang adik untuk mengenal kosa kata baru, seperti Father (Ayah), Mother (Ibu), dan lain-lain serta mengenal bagaimana sifat orang-orang yang ada didalam keluarga mereka. Setelah sekitar 1 jam para adik dibimbing oleh kakak volunteer, lalu adik-adik pun beristirahat selama 15 menit.

 

Sesi selanjutnya adalah adik-adik mengerjakan soal bahasa Inggris yang telah Kami siapkan dalam selembaran kertas. Terdapat puluhan soal tentang benda-benda yang ada dikelas mereka sekaligus mengenal warnanya dalam bahasa Inggris.

Setelah semua  sesi  episode 7 ini terlaksana, ternyata perjuangan Kami untuk mengenalkan kosa kata bahasa Inggris baru kepada adik-adik tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun ada beberapa adik yang mudah memahaminya, bahkan ada salah satu adik yang sangat cerdas membantu mengajarkan temannya,tetapi faktanya masih ada beberapa juga yang masih sangat “kurang” dalam memahami bahasa Inggris.

“Ada salah seorang adik yang saya bimbing, dari awal sampai akhir episode ini masih belum bisa menulis kata mother,” ungkap Irin, salah seorang kakak volunteer.

Namun hal tersebut tidak membuat Kami menyerah. Kami akan tetap berusaha untuk membimbing adik-adik di SD Islam Tambora dengan lebih baik lagi di episode-episode #KamiBerbakti  berikutnya.