Episode 5 : "Menembus Harapan"

on .

Episode 5 Kami Berbakti kali ini mengambil tema “Menembus Harapan”. Seperti biasa, adik-adik SDI Tambora sangat antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Pada episode kali ini tim DAI TV ikut meliput jalannya kegiatan episode 5 Kami Berbakti. Bimbingan yang dilakukan adalah fun learning with english dengan membentuk empat pos dengan masing-masing materi yang berbeda. Adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi oleh volunteer sebagai kakak-kakak pendamping.

Pos pertama adalah pos mengenai kosakata dalam bahasa Inggris. Adik-adik berlatih kosakata-kosakata dalam bahasa Inggris dan mempraktekkan pengucapan dari setiap kosakata yang didapat. Mereka sangat bersemangat dan antusias untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh Kakak-kakak pendamping dan volunteers. Berlanjut ke pos kedua yaitu pos menyusun kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Rasa antusias dan semangat tetap terpancar dari adik-adik SDI Tambora. Pada pos ini kakak-kakak pendamping dan volunteer membutuhkan ekstra tenaga untuk membimbing adik-adik SDI Tambora. Beberapa dari mereka memang membutuhkan bimbingan ekstra dalam pengajaran bahasa Inggris.

“Cukup miris pas membimbing adik-adik, ada yang pengucapannya dan penulisannya masih tidak bisa mengucapkan kosakata-kosakata dalam bahasa Inggris yang benar. Perlu ekstra semangat dan juga ekstra kesabaran juga dalam membimbing adik-adik Tambora” ujar Way.

Pos ketiga adalah pos bernyanyi “Twinkle twinkle” dalam bahasa Inggris. Kak Biah membimbing adik-adik untuk berani bernyanyi dalam pos ini. Adik-adik bersama-sama menyanyikan lagu twinkle twinkle kemudian diminta untuk bernyanyi sendiri-sendiri. Banyak adik-adik yang antusias dalam pos ini, namun banyak juga yang malu-malu dan tidak mau bernyanyi. Kakak-kakak pendamping dan volunteer dengan antusias memberikan semangat kepada adik-adik dan mendampingi mereka bernyanyi. Pelan-pelan keberanian adik-adik SDI Tambora pun mulai muncul.

Berlanjut ke pos terakhir yaitu pos empat adalah pos Media. Di pos media ini adik-adik SDI Tambora menonton dua film motivasi dan diminta untuk menjelaskan isi dan pesan yang disampaikan dari film tersebut. Banyak adik-adik yang antusias berebutan untuk menjelakan pesan dari film tersebut, namun banyak juga yang sangat pemalu dan segan untuk menjelaskan. Kak Citra selaku kakak pembimbing di pos ini mulai menjelaskan pelan-pelan dan memancing adik-adik SDI Tambora dengan pertanyaan-pertanyaan seputar film motivasi yang ditonton. Perlahan-lahan adik-adik pun mulai berani menjelaskan isi dan pesan-pesan yang terkandung dalam film tersebut.

“Beberapa adik-adik masih perlu dipancing untuk bisa berani mengutarakan pendapatnya, kita memang maklum, namanya juga anak-anak, maka dari itulah gunanya bimbingan dan terus memotivasi adik-adik SDI Tambora” ujar Citra.

Selain tim DAI TV yang meliput jalannya kegiatan, di episode kali ini YAFI juga kedatangan tamu dari Bantu Indonesia yang datang untuk melihat rangkaian kegiatan episode “Menembus Harapan”.

“Salut banget sama kalian yang udah dateng pagi-pagi banget ke SDI Tambora dan bikin kegiatan bimbingan kaya gini, gak nyesel gue dateng kesini, pokoknya salut buat kalian” ujar Febry dari Bantu Indonesia.