Kami Berbakti 2 [Part 1] - Langkah Awal Bebas dari Kuman!

on .

Saat ini, YAFI ingin mewujudkan salah satu program kerja tahunannya, yaitu Kami Berbakti (KB) dalam hal ini kami akan melaksanakan KB Jilid 2 dengan membantu adik-adik yang kurang beruntung di kawasan Lapak Pemulung, Jalan Utan Jati Kalideres, Jakarta Barat. Dengan mengangkat tema Kesehatan dan Kreativitas, kami mengajak adik-adik Lapak Pemulung untuk menjaga kesehatan dan lingkungan sekitarnya serta menjadikan adik-adik tersebut anak yang kreatif dalam menanggapi dan memahami pentingnya kebersihan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan 3 sesi yaitu pada tanggal 12, 19, dan 26 Agustus 2017. Dari pukul 13.00 sampai 16.00 WIB di daerah Lapak Pemulung, Jalan Utan Jati Kalideres, Jakarta Barat.

...

 

Pada Sabtu, 12 Agustus 2017 lalu, YAFI sudah mulai melaksanakan kegiatan Kami Berbakti 2 nih, Youth. Kegiatan Kami Berbakti akan dilaksanakan selama 3 kali dalam bulan Agustus. Itu berarti bahwa Sabtu kemarin adalah hari pertama YAFI!

Hari pertama atau biasa kami sebut Part 1, YAFI mengambil tema “Langkah Awal Bebas dari Kuman”. Apa sih maksudnya?

Dikutip dari femina.co.id, menurut situs Hand Hygiene Europe, manusia memiliki sekitar 2 hingga 10 juta bakteri di antara ujung jari dan siku. Karena pernyataan ini, YAFI membuat materi pertama mengenai pentingnya kebersihan, yang dimulai dari mencuci tangan yang benar.

Lalu apa pentingya cuci tangan? Mengutip data WHO, perilaku mencuci tangan memakai sabun mampu mengurangi angka kasus diare hingga 45%. Selain itu, kebiasaan sehat ini dapat pula mencegah penyebaran penyakit cacingan, serta menurunkan kasus infeksi saluran pernapasan akut dan flu burung hingga 50%. Penyakit mata dan infeksi kulit  juga dapat dicegah. (sumber: femina.co.id)

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, saatnya melakukan aksi! YAFI bersama volunteer mengajarkan bagaimana cara yang benar untuk mencuci tangan kepada adik-adik di Lapak Pemulung Kalideres. Bukan hanya materi, Youth! Kami juga mengajak adik-adik untuk turun langsung ke lapangan, alias langsung dipraktikan cara mencuci tangan. Untuk mempermudah, kami mengajarkannya menggunakan sebuah lagu.

Adik-adik dibagi menjadi 5 kelompok, di mana setiap kelompok terdapat kakak-kakak volunteer yang mendampingi. Adik-adik terlihat antusias lho, Youth saat mereka mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Sampai aja yang mencetus “Oh! Selama ini tanganku kotor!”.

Setelah pemberian materi, kami mengajak adik-adik untuk mulai praktik cuci tangan. Bagi adik-adik, ini waktunya MAIN AIR! Yap! Saat mencuci tangan, adik-adik terlihat senang karna bisa main air juga.

Cukup sekian cerita pertama untuk Kami Berbakti Jilid 2! Tunggu hari kedua ya, Youth!

#MariBeraksi dan #MariMenginspirasi #KamiBerbakti2 #YAFI